Kamis, 24 Agustus 2017

Macam Macam Tarian Adat Yang Perlu Anda Ketahui

Indonesia memiliki banyak sekali tarian-tarian adat yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Dari masing-masing tari adat tersebut memiliki ciri-ciri dan ke-khasan tersendiri jika dibandingkan dengan tarian yang lain.

Dengan memiliki banyak sekali tarian adat yang tersebar di seluruh nusantara, Indonesia adalah negara terbaik dan terkenal karena kaya akan kesenian, kaya akan tari-tarian tradisional dan kaya akan budaya.

Dibawah ini anda dapat melihat berbagai Macam Macam Tarian Adat yang sudah tersebar di berbagai provinsi di Indonesia:

1. Tarian Adat Daerah Istimewa Aceh
Tari Seudati yang berasal dari Arab dengan berlatar belakang agama Islam. Sebuah tarian dinamis yang penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan. Tarian seudati ini sangatlah disenangi dan terkenal di daerah Aceh. Tari Saman Meuseukat, di lakukan dengan posisi duduk berbanjar dengan irama yang dinamis. Suatu tari dengan syair penuh ajaran tentang kebajikan, terutama ajaran agama Islam.
tari saman meuseukat aceh
Tari Saman Meuseukat Aceh

2. Tari-Tarian Adat Daerah Bali
Tari legong adalah tarian yang berlatar belakang kisah cinta Raja dari lasem. Ditarikan secara dinamis dan juga memikat hati. Tari Kecak mrupakan tari berdasarkan cerita dan juga Kitab Ramayana yang mengisahkan tentang bala tentara monyet dari Hanuman Sugriwa.

Tari Pendet adalah tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura. Tarian ini melambangkan penyambutan turunnya dewata ke alam dunia. Lambat laun, seiring berkembangnya zaman, seniman Bali mengubah tari Pendet menjadi ucapan selamat datang, meskipun tetap mengandung anasir yang religious dan sacral. Pencipta atau koreografer bentuk modern tari ini yaitu I Wayan Rindi.
tari pendet bali
Tari Pendet Bali

3. Tari-Tarian Adat Daerah Bengkulu
Tari Andun berasal dari Bengkulu Selatan ini adalah sebuah tarian untuk menyambut para tamu yang dihormati. Tari Bidadari Teminang Anak, tarian ini bisa juga diartikan bidadari yang meminang anak. Tarian adat berasal dari Rejang Lebong.
tari bidadari teminang anak bengkulu
Tari Bidadari Teminang Anak Bengkulu

4. Tari-Tarian Daerah DKI Jakarta
Tari Topeng adalah sebuah tari tradisional Betawi untuk menyambut tamu agung. Tari Yopong merupakan tari persembahan dalam menghormati tamu negara.
tari topeng jakarta
Tari Topeng - DKI Jakarta

5. Tari-Tarian Adat Daerah Jambi
Tari Sekapur Sirih adalah tari persembahan. Tari adat jambi ini banyak persamaannya dengan tari Melayu. Tari Selampir Delapan adalah tari pergaulan muda-mudi dan sangat disukai di daerah Jambi.
tari sekapur sirih jambi
Tari Sekapur Sirih Jambi

6. Tari-Tarian Adat Daerah Jawa Barat
Tari Topeng Kuncaran adalah sebuah tarian yang mengisahkan tentang dendam kesumat raja karena cintanya ditolak. Tari Merak merupakan tarian yang mengisahkan kehidupan burung merak yang indah dan memukau.
tari topeng kuncaran jawa barat
Tari Topeng Kuncaran - Jawa Barat

7. Tari-Tarian Adat Daerah Jawa Tengah
Tari Serimpi, tarian keraton pada masa silam dengan nuansa agung, lembut dan menawan. Tari Blambangan Cakil, bercerita tentang perjuangan Srikandi melawan Buto Cakil. Sebuah perlambang dari penumpasan angkara murka.
tari serimpi jawa tengah
Tari Serimpi - Jawa Tengah

8. Tari-Tarian Adat Daerah JawaTimur
Tari Remong, tarian dari Surabaya yang melambangkan tentang jiwa, kepahlawanan. Ditarikan saat menyambut para tamu. Reog Ponorogo, tari daerah Jawa Timur yang menunjukkan tentang kejantanan, keperkasaan dan kegagahan.
tari remong jawa timur
Tari Remong - Jawa Timur

9. Tari-Tarian Adat Daerah Kalimantan Barat
Tari Monong, tari penolak penyakit agar penderita bisa sembuh kembali penari berlaku seperti seorang dukun dengan jampi-jampi. Tari Zapin Tembung, suatu tari pergaulan masyarakat Kalimantan Barat.
tari monong kalimantan barat
Tari Monong - Kalimantan Barat

10. Tari-Tarian Adat Daerah Katimantan Selatan
Tari Baksa Kembang, tari selamat datang saat tamu agung dengan menyampaikan untaian bunga-bunga. Tari Radab rahayu, di pertunjukan saat upacara tepung tawar, sebelum pengantin wanita dan pria di persandingkan.
tari baksa kembang kalimantan selatan
Tari Baksa Kembang - Kalimantan Selatan

11. Tari-Tarian Adat Daerah Kalimantan Tengah
Tari bungai dan Tambun, tari yang mengisahkan kepahlawanan Tambun dan juga Bungai dalam mengusir musuh yang merampas panen rakyat. Tari Balean Dadas, tarian untuk memohon kesembuhan bagi mereka yang sakit.
tari bungai tambun kalimantan tengah
Tari Bungai dan Tambun - Kalimantan Tengah

12. Tari-Tarian Adat Daerah Kalimantan Timur
Tari Gong, sebuah tarian di pertunjukan pada upacara penyambutan tamu agung. Bisa juga di pertunjukan saat lahir seorang bayi kepala suku. Tari perang, Tari yang mempertunjukan 2 orang pemuda saat memperebutkan seorang gadis.
tari gong kalimantan timur
Tari Gong - Kalimantan Timur

13. Tari-Tarian Adat Daerah Lampung
Tari Jangget merupakan tarian untuk upacara-upacara peradatan. Tarian ini melambangkan tentang keluhuran budi dan susila rakyat Lampung. Tari Malinting, sebuah tari berlatar belakang tentang cerita rakyat Lampung. Menceritakan kunjungan Sunan Gunung Jati ke Keraton Pulung.
tari jangget lampung
Tari Jangget - Lampung

14. Tari-Tarian Adat Daerah Sumatra Utara
Tari Serampang Dua Belas, tari Melayu dengan irama joged yang diiringi musik dengan pukulan gendang ala-ala Amerika Latin. Serampang dua belas adalah tari pergaulan.

Tari Tor Tor, tari dari daerah Batak yang berlatar belakang falsafah peradatan dan juga ditarikan dalam suasana khusuk.
tari tortor batak
Tari TorTor - Batak

15. Tari-Tarian Adat Daerah Istimewa Yogyakarta
Tari Serimpi Sangu Pati, tarian keraton pada masa lalu disertai dengan suara gamelan dengan gerakan tari yang lembut. Tari Bedaya, tarian keraton yang di tarikan 9 putri dengan irama yang lemah gemulai.
tari serimpi sangupati yogyakarta
Tari Serimpi Sangupati - DI Yogyakarta

Itulah tadi 15 macam tarian adat di Indonesia yang paling populer. Dengan membaca secara seksama dan melihat gambarnya pasti anda akan lebih mengenal tarian tersebut.

Jika anda ingin belajar, silahkan cari videonya dan pelajari di rumah agar anda menguasai tarian adat yang ada di negeri tercinta ini. Lihat juga macam-macam tari klasik yang tidak kalah menariknya dengan tarian diatas.
Back To Top