Sabtu, 10 Desember 2016

Macam-Macam Tarian Mancanegara Yang Terkenal

Sudah kita ketahui bersama bahwa Negara kita memang sangat kaya akan budaya, salah satunya yaitu seni tari. Sebagai warna negara yang baik, alangkah lebih baiknya kita mengenal lebih jauh tentang seni tari yang ada di Indonesia. Setidaknya kita peduli terhadap negara tercinta kita. Apalagi ada niat baik untuk mempelajari dan melestarikannya agar seni tari daerah tidak luntur.

Sebenarnya tidak hanya di Indonesia saja, negara-negara lain juga memiliki tarian yang tak kalah apik bahkan telah mendunia. Mungkin anda sudah merasa penasaran dan ingin mengetahui seperti apa sih tarian mancanegara itu. Untuk itu, berikut ini adalah macam-macam tarian mancanegara yang cukup terkenal di dunia:

1. Tari Zapin dari Malaysia
Tarian zapin adalah tarian yang cukup terkenal dari negeri Johor. Istilah zapin sendiri berasal dari kata Al-zaffan yang artinya gerak kaki. Dari sejarah tari Zapin ini, ternyata tarian ini dulunya adalah tarian hiburan yang di pentaskan di istana dan dibawa dari Hadramaut (Yaman Selatan) oleh para pedagang Arab ketika abad ke-tiga belas degan tujuan awal sebagai sarana untuk mengamalkan zikir. Sekarang, tarian ini masih dipertunjukkan baik acara formal maupun non formal.
Tari Zapin Malaysia
Tari Zapin dari Malaysia

2. Tari Flamenco dari Spanyol.
Tari Flamenco sendiri merupakan tarian Istana Moor yang pada perkembanganya dikreasikan oleh kaum Gipsi yang ada di kota Andalusia (Spanyol) hingga sekarang ini kita kenal dengan nama tarian Flamenco. Dulunya pertunjukan flamenco adalah pertunjukan musik dan tari, bahkan biasanya juga menggunakan alat musik yang disebut kastanyet dengan tujuan untuk menambah warna musik yang tengah di pentaska. Akan tetapi, ketika ada sebagian penari yang menolak alat musik ini karena dianggap dapat mengurangi keindahan gerak tari flamenco maka tarian ini kini jarang yang menggunakan alat musik itu. Sementara itu, Para penari tari flamenco rata-rata menggunakan pakaian serba mencolok sehingga akan menimbulkan kesan yang ceria ketika para penari memulai performanya. Untuk jumlah penarinya sendiri pada suatu pertunjukan tari flamenco ini biasanya cukup bervariasi, ada yang membawakannya secara solo, berpasangan atau bahkan yang berkelompok juga ada.
Tari Flamenco Spanyol
Tari Flamenco dari Spanyol

3. Tari Morris dari Inggris.
Tarian Morris biasanya di gelar dalam festival-festival tertentu. Jika melihat sejarahnya, hanya laki-laki yang boleh membawakan Tarian Morris. Akan tetapi, sekarang semua orang dapat membawakan tarian Morris dengan bebas. Kostum yang mereka pakai biasanya baju putih, topi serta dengan hiasan bunga dan selempang dengan dua warna yang di situ disematkan bel kecil. Para penari kebanyakan juga membawa semacam tongkat kecil atau bisa juga sapu tangan. Sebuah tarian morris merupakan suatu bentuk tarian yang berasal dari rakyat Inggris yang biasanya disertai dengan musik yang mengiringinya. Alat-alat keseharian seperti tongkat, pedang, saputangan serta lonceng bisanya juga dijadikan alat tambahan ketika menarikan tarian tersebut.
Tari Morris Inggris
Tari Morris dari Inggris

4. Tari Kipas dari Korea.
Tari kipas dari Korea ini menggunakan kipas yang cukup besar dalam menunjukkan keindahan tarianya. Para penari akan menyatukan kipas mereka serta akan menggerakkannya dengan teratur mengayun baik dari atas maupun dari bawah. Sejak Indonesia demam Korea, maka tarian ini juga ikut populer di tanah air. Oleh karena itu, untuk sebagian para pecinta atau yang lagi menggandrungi demam korea maka tidak akan asing dengan tarian kipas ini.
Tari Kipas Korea
Tari Kipas dari Korea

5. Tari Khon dari Thailand.
Tari khon merupakan semacam tari topeng kalau di Indonesia, dengan menggunakan latar belakang kisah Ramayana. Tarian menggambarkan tentang panasnya peperangan akbar yang berlangsung pada masa pemerintahan Dinasti Ramakien, yakni Perang Nan yang terjadi antara Raja Rama (ksatria yang bijaksana serta gagah perkasa), melawan Raja Todsakan yang alim serta sangat durjana. Raja Todsakan Nan menjadi simbol kejahatan dan pada akhirnya dapat dikalahkan Raja Rama Nan yang menjadi simbol kebaikan.
Tari Khon Thailand
Tari Khon dari Thailand

6. Tari Tinikling dari Filipina.
Tarian Tinking ini berasal dari Leyte yakni antara Visayan pulau-pulau yang ada di Filipina tengah sebagai tiruan burung tikling yang bisa menghindari jebakan bambu yang di pasang oleh para petani. Meniru gerakan burung tikling tarian ini mereka menggambarkan burung tinkling yang dapat berjalan di antara batang rumput yang ada di persawahan, berjalan di atas cabang pohon, atau bahkan perangkap bambu yang di buat oleh para petani padi.
Tari Tinikling Filipina
Tari Tinikling dari Filipina

7. Tarian Waltz dari Jerman.
Tari Walts atau diambil dari kata walzen yang artinya berputar atau berkeliling. Tarian ini populer di Wina sekitar tahun 1780 an dan pada tahun- tahun berikutnya mulai menyebar di berbagai belahan dunia. Gerakan dasar dari tari wals ini adalah satu putaran penuh yang meliputi dari dua tahap di mana per tahapnya terdapat tiga langkah. Selanjutnya tarian ini menjadi tarian dasar dari berbagai tarian yang ada di Eropa.
Tari Waltz Jerman
Tari Waltz dari Jerman

Bagaimana anda tetarik untuk mempelajari macam-macam tarian mancanegara di atas? Dengan mempelajari berbagai tarian yang ada maka kemampuan tari anda akan semakin terasah. Itulah tadi macam-macam tarian mancanegara yang saat ini populer. Di Indonesia yang memiliki banyak seni tari pastinya harus lebih dilestarikan agar tidak tergilas oleh zaman. Para ahli tari ada yang sudah mengembangkan seni tari di Indonesia sehingga muncul tarian baru bernama tari kreasi. Seperti apa tari kreasi tersebut?.. silahkan baca lebih lanjut macam-macam tari kreasi.
Back To Top