Jumat, 23 Desember 2016

Macam-Macam Tarian Betawi Yang Wajib Kamu Ketahui

Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya dan etnis kulturnya menjadikan negeri ini memiliki berjuta-juta ciri khas tradisi. Salah satu bentuk kebudayaan yang tidak bisa di lepaskan dari kebudayaan orang Indonesia adalah seni menari tradisional.

Hampir semua wilayah yang ada di Indonesia memiliki keragaman bentuk tarian, salah satunya yang ada di Jakarta atau yang lebih kita kenal dengan suku Betawi. Sebagai salah satu suku yang cukup tua di Indonesia, suku Betawi memiliki tarian yang khas dan yang pastinya sangat berbeda jika dibandingkan dengan daerah-daerah lainya. Untuk lebih jelasnya, berikut kami uraikan tentang macam-macam tari betawi sebagai salah satu daerah yang berada di Jakarta:

1. Tari Yapong
Siapa yang tak kenal dengan tari Yapong sebagai khas Tari Betawi. Pada awalnya tarian ini ditujukkan untuk untuk mempersiapkan acara ulang tahun Kota Jakarta yang ke 450 atau sekitar tahun 1977. Ketika waktu itu, Dinas Kebudayaan DKI mempersiapkan sebuah acara yang menampilkan pagelaran tari massal dengan mengangkat cerita dari para pejuang pangeran Jakarta. Pagelaran tersebut berbentuk sendratari dan di percayakan kepada Bagong Kussudiarjo untuk menyelenggarakan acara tersebut. Akhirnya pada acara tersebut sukses menampilkan pagelaran tari sendratari Yopong serta di dukung dengan 300 artis dan musisi.

Tari Yopong sendiri adalah tari jenis tari kreasi baru yang memiliki latar belakang akulturasi budaya tradisional. Tari Yopong merupakan tari yang gembira dengan gerakan yang cukup dinamis dan eksotis. Dalam gerakan tarian ini diperlihatkan suasana yang gembira karena memang untuk menyambut ulang tahu Kota Jakarta. Adegan tersebut dinamakan Yopong dan anehnya, Yopong tidak memiliki makna apa-apa. Istilah tersebut diambil dari suara lagunya yang berbunyi ya, ya, ya dan suara musiknya yang lebih terdengar pong, pong, pong sehingga lahirnya nama Yapong sebagai nama Tari tersebut.
tari yapong betawi
tari yapong betawi

2. Tari Topeng Betawi
Tari Topeng Betawi merupakan tari tradisional yang berasal dari Betawi. Menggunakan media topeng sebagai alat untuk menarinya, sesuai dengan nama tariannya. Tarian ini sendiri adalah perpaduan antara seni tari, musik, serta nyanyian. Seperti halnya pertunjukkan teater atau bahkan opera, penari dari tari topeng ini akan menari dengan di iringi suara musik serta nyanyian. Oleh karena itu tarian topeng betawi ini lebih bersifat teatrikal.

Pada awalnya tarian ini di pentaskan secara berkeliling oleh para seninaman yang di Undang sebagai pengisi dalam hiburan acara pesta pernikahan, khitanan atau acara-acara yang lainya. Karena masyarakat Betawi memiliki keyakinan bahwa tarian tersebut bisa menjauhkan mereka dari bahaya petaka yang ada. Dalam setiap pertunjukkan dari tarian topeng ini di iringi dengan musik tradisional ala Betawi. Setelah itu beberapa saat musik di mulai, maka para penari akan masuk atau naik ke panggung dengan menggunakan topeng yang telah di persiapkan. Adapun gerakan dari para penari akan di sesuaikan dengan iringan musik yang ada. Cerita yang dibawakan dalam tarian itu juga cukup beragam, mulai dari cerita rakyat, legenda dan yang lain sebagianya.
tari topeng betawi
Tari Topeng Betawi

3. Tari Sirih Kuning
Tari ini merupakan tarian tradisional yang ada tempo dulu yang tentunya juga berasalal dari Betawi dan ditarikan secara berpasangan. Pada dasarnya tarian sirih kuning ini pengembangan dari tarian Cokek. Dengan iringan musik tradisional, tarian ini sangat apik dan legendaris.

Biasanya tarian ini diselenggarakan ketika ada hajatan besar keluarga seperti untuk mengiringi pengantin ketika memasuki pelaminan atau pada hiburan penyambutan tamu kehormatan maupun perayaan lainya yang lengkap dengan tradisi budaya betawi. Tarian ini termasuk kedalam macam-macam tari yang cukup terkenal.
tari sirih kuning betawi
Tari Sirih Kuning Betawi

4. Tari Lenggang Nyai
Tari Lenggang Nyai merupakan salah satu dari macam-macam tarian betawi yang cukup terkenal juga. Tarian ini telah di ciptakan oleh Wiwik Widiastuti pada tahun 1999, menceritakan tentang hidup seorang wanita yang kala itu berhasil keluar dari perkawinan paksa yang tengah merenggut kebebasanya.

Namun, tarian ini pada dasarnya masih di pengaruhi oleh budaya Cina seperti halnya tari Cokek. Tari Langgang Nyai ini di bawakan oleh sekelompok gadis yang masih belia dengan jumlah kurang lebih 4-6 orang. Tarian ini bisanya diselenggarakan ketika ada acara-acara resmi yang dianggap penting atau di perkawinan juga sering masyarakat betawi memperlihatkan tarian ini. Adapun gerakan pada tarian legendaris ini menggambarkan tentang karakter dan cerita dari nyai Dasmillah. Penari akan bergerak secara lincah dan luwes ala gadis Betawi
tari lenggang nyai betawi
Tari Lenggang Nyai Betawi

Itulah tadi empat macam-macam tari betawi yang ada di wilayah Jakarta. Selain di Indonesia, di luar Negeri juga ada berbagai macam jenis tari. Jika kamu ingin mengetahuinya, silahkan baca macam-macam tarian mancanegara. Kamu dapat mempelajari lebih dalam tentang jenis tarian yang ada di negara lain yang saat ini sedang populer. Setelah itu, coba bandingkan dengan seni tari yang ada di Negeri kita tercinta.
Back To Top