Kamis, 08 Desember 2016

10 Macam-Macam Tari Kreasi di Indonesia

Tari kreasi merupakan tari klasik yang diaransemen/disusun ulang dan dikembangkan lagi sesuai dengan perkembangan zaman, akan tetapi masih tetap mempertahankan nilai-nilai yang ada di dalam tarian tersebut.

Tari kreasi biasanya diciptakan oleh para pakar tari yang sudah handal (profesional). Beberapa tari kreasi yang ada saat ini bisa kita lihat pada karya-karya Bagong Kusudiarjo dan karya Sauti. Untuk lebih memperjelas macam-macam tari kreasi, berikut ini merupakan beberapa contoh tari kreasi yang populer saat ini.

1. Tari Nguri dari Sumbawa
Tari Nguri merupakan salah satu contoh dari macam- macam tari kreasi yang baru dan lahir dari lingkungan kerajaan Sumbawa. Tarian tersebut merupakan tarian yang dipagelarkan untuk tujuan menghibur. Ketika sang raja Sumbawa mendapat kesulitan, tarian tersebut akan dimainkan oleh para wanita yang ada di istana bertujuan untuk mengurangi kedukaan dari sang raja. Tari nguri sendiri kini sering diperlihatkan sebagai tarian untuk penyambut para tamu. Ketika menerima kunjungan seperti pejabat atau orang penting lainya, tari ini pasti akan dimainkan sebagai bentuk penghormatan.
Tari Nguri Sumbawa
Tari Nguri Sumbawa

2. Tari Kuntulan
Tari Kuntulan juga termasuk kedalam tari kreasi baru yang lahir sekitar awal abad ke 20-an dari masyarakat Pemalang, Jawa Tengah. Adapun gerakan pada tarian ini sangat identik dengan gerakan pencak silat yang bernuansa Islami karena pada dasarnya memng lahir pada masa perjuangan kemerdekaan. Hingga kini tari kuntulan tetap sering dipentaskan pada acara-acara tertentu atau ketika upacara hari besar nasional.
Tari Kuntulan Jawa Tengah
Tari Kuntulan Jawa Tengah

3. Tari Merak dari Jawa Barat
Tari Merak merupakan tari yang mengambarkan keindahan dari burung merak. Beberapa gerakan yang ada di dalam tarian tersebut diambil dari gerakan-gerakan indah burung merak betina. Tarian ini sejatinya diciptakan oleh Seniman dari Sunda yaitu Raden Tjetje Somantri pada abad ke-19.
Tari Merak Jawa Barat
Tari Merak Jawa Barat

4. Tari Rara Ngigel dari Yogyakarta
Tari Rara Ngigel merupakan contoh dari tari kreasi baru yang di buat oleh Ida Wibowo seorang putri dari seniman tari yang cukup kondang yaitu Bagong Kusudiarjo. Tarian yang menggambarkan tumbuhnya seorang gadis yang sedang beranjak dewasa tersebut juga menjadi salah satu contoh tari berpasangan, pasalnya dalam pementasannya tersebut tarian ini dilakukan oleh sepasang pria dan wanita.
Tari Rara Ngigel Yogyakarta
Tari Rara Ngigel Yogyakarta

5. Tari Kupu-kupu dari Bali
Tari kupu-kupu merupakan salah satu dari macam- macam tari kreasi yang berasal dari Bali. Tarian kupu-kupu ini sudah cukup terkenal di masyarakat mancanegara karena tarian ini sering di pertontonkan dalam festival tari kelas dunia. Dimainkan berkelompok sebanyak 5 orang wanita. Tarian tersebut terlihat sangat eksotis karena menerapkan teknik gerak gemulai serta pewarnaan eye catching di busana yang di pakai oleh para penari.
Tari Kupu-kupu Bali
Tari Kupu-kupu Bali

6. Tari Manipuren dari Jawa Tengah
Tari manipuren merupakan tari kreasi baru yang dikembangkan dari koreografi serta gerakan tari Manipuri yang asalnya dari daerah Manipur (India Timur). Tarian tersebut diciptakan oleh S. Maridi ketika habis berkunjung ke India serta melihat kehidupan para gadis desa yang tinggal di sekitar sungai Gangga.
Tari Manipuren Jawa Tengah
Tari Manipuren Jawa Tengah

7. Tari Yapong dari Jakarta
Tari Yapong adalah tari yang memang diciptakan oleh Bagong Kusudiarjo guna dipentaskan ketika acara ulang tahun Jakarta ke-450 atau kurang lebih pada tahun 1977. Tarian yang menggambarkan kehidupan dari masyarakat Betawi tersebut hingga kini tetap sering dipentaskan ketika ada acara peringatan ulang tahun kota Jakarta.
Tari Yapong Jakarta
Tari Yapong Jakarta

8. Tari Manuk Rawa dari Bali
Tari manuk rawa merupakan tarian yang diadaptasi dari bagian sendratari yang ada dalam cerita pewayangan Mahabarata dalam lakon Bale Sigale-gale. Tarian yang diciptakan oleh seorang koreografer I Wayan Dibia serta komposer ternama I Wayan Beratha di tahun 1981 ini mengekspresikan dari kehidupan burung rawa khas dari cerita Wanaparwa dalam Epos pewayangan Mahabrata.
Tari Manuk Rawa Bali
Tari Manuk Rawa Bali

9. Tari Garuda Nusantara
Tari Garuda Nusantara merupakan jenis tari yang sarat akan dengan simbol-simbol ketegasan serta kewibawaan.
Tari Garuda Nusantara
Tari Garuda Nusantara

10. Tari Banjar Kemuning dari Jawa Timur
Tari Banjar Kemuning merupakan salah satu dari macam- macam tari kreasi yang diciptakan oleh Agustinus, S.S. Tarian ini sendiri terinspirasi dari kehidupan masyarakat yang ada di desa Sidoarjo, Jawa Timur yaitu Desa Banjar Kemuning. Tari Banjar kemuning menggambarkan dari kehidupan para istri nelayan yang ada di desa itu.
Tari Banjar Kemuning
Tari Banjar Kemuning dari Jawa Timur

Itulah beberapa macam-macam tari kreasi yang ada di Indonesia. Dengan mengetahui tari-tarian yang ada di Indonesia maka budaya kita akan tetap jaya dan kita pun akan menjadi generasi yang berkarakter. Itulah tadi macam-macam tari kreasi yang merupakan bentuk perkembangan seni tari saat ini. Untuk jenis tari lainnya ada yang namanya tarian berpasangan. Tarian tersebut dilakukan oleh lebih dari satu orang secara berpasang-pasangan. Untuk mengetahui lebih jaun tentang seni tari berpasangan, silahkan baca macam-macam tari berpasangan.
Back To Top